Berita

UMJ dan PDM Garut Jalin Kerja Sama Penyelenggarakan Program Beasiswa Pendidikan

GENMU.ID, Garut – Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Garut jalin kerja sama terkait Penyelenggarakan Program Beasiswa Pendidikan.

Kerja sama ini dikukuhkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani langsung oleh Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod Al Barbasy, dengan Majelis Dikdasmen PDM Garut, Ade Sahrudin, Majelis Dikdasmen PDA Garut, Eti Nurul Hayati, dan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arqam (STAIDA) Muhammadiyah, Ujang Burhanudin, Ahad (21/04/2024).

Kegitan tersebut turut disaksikan oleh, Sekretaris Daerah Kabupaten Garut H. Nurdin Yana, SH., MH, Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, Dr. Iu Rusliana M.Si, Ketua PDM Garut, Dr. Agus Rahmat Nugraha, M.Pd, Wakil Ketua PDM Garut, M. Yusup Sapari, Anggota DPRD Jawa Barat, Enjang Tedi, dan Jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut.

Ma’mun Murod dalam sambutannya menyampaikan bahwa UMJ akan membantu guru-guru yang akan melanjutkan kuliah baik jenjang S1, S2, maupun S3 melalui beasiswa potongan SPP sebagai Kader Muhammadiyah.

“Intinya UMJ mau bantu guru-guru yg mau kuliah S1, S2, dan S3 dengan bantu pembiayaan 50%”, jelas Ma’mun.

Selain beasiswa kader Ma’mun juga berjanji akan memberikan jatah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk lulusan SMA/SMK/MA dari Garut yang mau kuliah di UMJ.

“Kita kasih juga KIP Kuliah mungkin maksimal 5 orang saja”, tambah Ma’mun.

Lebih lanjut Ma’mun berharap Pemerintah Daerah Garut dapat memberikan tambahan beasiswa untuk meringankan biaya bagi guru yang akan kuliah.

“Bagus kalau 25% bisa dari Pemda, dan 25% sisanya dari mahasiswa bersangkutan”, tutup Ma’mun.

Sementara itu Yusup Sapari dalam sambutannya menekankan pentingnya kerjasama antara UMJ dan PDM Garut ini.

“Jadi nanti kalau ada siswa SMA, SMK, Aliyah, yang mau meneruskan kuliah ada beasiswa dari Persyarikatan itu 50%, kemudian kalau guru mau kuliah S1, S2, atau S3 nanti bisa kerja sama kita ada pengurangan biaya sampai 50% biaya kuliah”, jelas Yusup.

Baca Juga  Prof. Ma’mun Murod Akan Hadir di Pengajian dan Silaturahmi PDM Garut

Momen penandatangan MoU ini dilaksanakan berbarengan dengan acara Pengajian dan Silaturahmi Ba’da Idulfitri 1445 H di Gedung Pendopo Garut, dengan penceramah Prof. Dr. Ma’mun Murod Al Barbasy dan dihadiri oleh 1000-an jemaah dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Garut. (DM)

Related Posts

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *